Solusi Terpercaya Sebagai Mitra Perjalanan Wisata Anda

Selamat datang di Blog Ocean Lombok Holiday, yang dimana blog ini di buat untuk mempromosikan tentang wisata Lombok yang semakin dekat ini semakin gencar di promosikan sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia. Dengan maksud menindaklanjuti hal tersebut dalam blog ini juga kami bertujuan menawarkan dan menginfomasikan bermacam pelayanan wisata di Lombok dengan pelayanan yang terbaik dan prima.

Beberapa sekelumit gambaran tentang pelayanan yang kami siapkan dalam website ini diantaranya :
1. Paket Tour Lombok, Bali, Sumbawa serta Flores baik perorangan maupun kelompok.
2. Paket Liburan Sekolah, Keluarga maupun Perusahaan besar.
3. Paket Honeymoon Lombok dan Sekitarnya.
4. Meeting/Mice atau Kunjungan Dinas
5. Outing Kantor seperti : Wisata Outbound dan Family Gathering.
6. Voucher Hotel maupun Villa di Lombok dan sekitarnya.
7. Paket penyewaan Mobil, Mini Bus dan Bus
8. Penjualan Ticket pesawat dan Fast Boat.

Belakangan ini informasi tentang Lombok semakin terdengar meluas dikalangan-kalangan pencinta perjalanan wisata khususnya dari wisatawan asal Indonesia. Di mata Dunia Lombok juga terkenal akan keindahan alamnya, pantainya dan keramah tamahan penduduknya yang menjadi daya tarik tersendiri. Lombok juga di juluki "Surga tersembunyi" di daratan Indonesia bagian timur setelah bali. Dengan banyaknya pemaparan tentang Lombok itulah website ini hadir untuk menambah informasi anda untuk berkunjung ke Lombok.

Sekilas Tentang Lombok :
Lombok merupakan Pulau yang terlrtak di Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan luas mencapai 5.435 km², jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa. Letak Lombok terpisahkan oleh selat Lombok di sebelah barat berdekatan dengan Bali dan selat alas dengan Sumbawa.

Geografi :
Sebelah barat Lombok di batasi oleh selat Lombok yang merupakan batas dari flora dan fauna Asia. Dari bagian Lombok yang paling Barat menuju Lombok bagian timur flora dan faunanya menunjukan kemiripan dengan yang di jumpai di Australia di bandingkan dengan flora dan fauna yang di jumpai di Asia. Ilmuan inggris yang pertama kali menemukan itu di abad ke - 19 yang bernama Alfred Russel Wallace dan untuk menghormati di maka garis itu disebut garis Wallace.
Tofografi Lombok di dominasi oleh Gunung Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut yang menjadikannya Gunung dengan puncak tertinggi ke tiga di Indonesia. Gunung ini teakhir kali meletus pada bulan juni - juli 1994. Pada tahun 1997 di kawasan gunung dan danau segara anak di tengahnya dinyatakan dilindungi oleh pemerintah. Daerah selatan Lombok sebagian besar tediri dari tanah subur yang sebagian penduduknya memanfatkannya sebagai lahan pertanian, tanaman yang ditanam seperti jagung, padi dan tembakau.

Demografi :
Lombok di huni oleh sekitar 80% Suku Sasak dan sisanya oleh Bali, Jawa, Tionghua dan Arab. Bahasa keseharian selain dengan Bahasa Indonesia di Lombok juga menggunakan Bahasa daerah yaitu Bahasa Sasak. Penganut Muslim di Lombok sekitar 85% dan sisanya ang 15% Hindhu, Budha dan Kristen.

Sejarah :
Menurut versi Babad Lombok, kerajaan tertua yang pernah berkuasa bernama Kerajaan Laeq (dalam bahasa sasak laeq berarti waktu lampau), namun versi lain menyebutkan yakni dari Babad Suwung, menyatakan bahwa kerajaan tertua yang ada di Lombok adalah Kerajaan Suwung yang dibangun dan dipimpin oleh Raja Betara Indera. Kerajaan Suwung kemudian surut dan digantikan oleh Kerajaan Lombok. Pada abad ke-9 hingga abad ke-11 berdiri Kerajaan Sasak yang kemudian dikalahkan oleh salah satu kerajaan yang berasal dari Bali pada masa itu. Beberapa kerajaan lain yang pernah berdiri di pulau Lombok antara lain Pejanggik, Langko, Bayan, Sokong Samarkaton dan Selaparang.
Kerajaan Selaparang sendiri muncul pada dua periode yakni pada abad ke-13 dan abad ke-16. Kerajaan Selaparang pertama adalah kerajaan Hindu dan kekuasaannya berakhir dengan kedatangan ekspedisi Kerajaan Majapahit pada tahun 1357. Kerajaan Selaparang kedua adalah kerajaan Islam dan kekuasaannya berakhir pada tahun 1744 setelah ditaklukkan oleh gabungan pasukan Kerajaan Karangasem dari Bali dan Arya Banjar Getas yang merupakan keluarga kerajaan yang berkhianat terhadap Selaparang karena permasalahan dengan raja Selaparang. Pendudukan Bali ini memunculkan pengaruh kultur Bali yang kuat di sisi barat Lombok, seperti pada tarian serta peninggalan bangunan (misalnya Istana Cakranegara di Ampenan). Baru pada tahun 1894 Lombok terbebas dari pengaruh Karangasem akibat campur tangan Batavia (Hindia Belanda) yang masuk karena pemberontakan orang Sasak mengundang mereka datang. Namun, Lombok kemudian berada di bawah kekuasaan Hindia Belanda secara langsung.
Masuknya Jepang (1942) membuat otomatis Lombok berada di bawah kendali pemerintah pendudukan Jepang wilayah timur. Seusai Perang Dunia II Lombok sempat berada di bawah Negara Indonesia Timur, sebelum kemudian pada tahun 1950 bergabung dengan Republik Indonesia.

Pariwisata:
Lombok dalam banyak hal mirip dengan Bali, dan pada dasawarsa tahun 1990-an mulai dikenal wisatawan mancanegara. Namun dengan munculnya krisis moneter yang melanda Indonesia pada akhir tahun 1997 dan krisis-krisis lain yang menyertainya, potensi pariwisata agak terlantarkan. Lalu pada awal tahun 2000 terjadi kerusuhan antar-etnis dan antar agama di seluruh Lombok sehingga terjadi pengungsian besar-besaran kaum minoritas. Mereka terutama mengungsi ke pulau Bali. Namun selang beberapa lama kemudian situasi sudah menjadi kondusif dan mereka sudah kembali. Pada tahun 2007 sektor pariwisata adalah satu-satunya sektor di Lombok yang berkembang.

0 komentar:

Posting Komentar

Jika ada yang belum jelas silahkan langsung berkomentar atau bisa menghubungi kami langsung:

Manfaatkan layanan komunikasi kami untuk mendapatkan informasi mengenai pelayanan kami yang akurat :

Call/SMS : 08175778618 | 082216208818
WhatsApp : 08175778618
PIN BBM : 2661558B | 579D260A
Email : info@oceanlombokholiday.com
Yahoo Messengger :


Prodak Terbaru :